Pada penerimaan CPNS Tahun 2019, Poltekkes Kemenkes Palembang mendapatkan beberapa formasi jabatan yang akan ditempatkan di Poltekkes Kemenkes Palembang, baik di Direktorat maupun Jurusan / Prodi dilingkungan Poltekkes Kemenkes Palembang, yang terdiri dari : 2 Orang Dosen dan 4 orang Non Dosen (Pranata Komputer dan Arsiparis) dengan penempatan yaitu : Direktorat : 3 orang, Prodi D-III  Keperawatan Baturaja : 2 orang, Prodi D-III Farmasi : 1 orang).

Sebanyak 6 orang CPNS yang telah diterima tersebut harus dipersiapkan agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Sejalan dengan UU No. 5 Tahun 2014 tentang ASN bahwa CPNS yang telah lulus dari rekrutmen harus mengikuti pembekalan untuk membentuk sosok PNS yang professional.

Dalam pelaksanaannya, orientasi CPNS TA. 2019 dilakukan dalam beberapa tahapan, diantaranya :

  1. Orientasi Program Badan PPSDM Kesehatan
  2. Orientasi Program Satuan Kerja Penempatan
  3. Orientasi Pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi bagi CPNS Dosen
  4. Orientasi Pelaksanaan Praktik Kerja bagi CPNS Non Dosen.

Dalam pembekalan tentang Orientasi CPNS, Satuan Kerja Penempatan yaitu Poltekkes Kemenkes Palembang menanamkan nilai-nilai yang harus dipahami oleh semua CPNS dalam organisasi, tata kerja, tugas, fungsi dan kewenangan, program kerja dan kegiatan, serta nilai-nilai budaya kerja. Selain itu para CPNS pun harus mengenal ruang lingkup pekerjaan dan manajemen di Poltekkes Kemenkes Palembang.

Orientasi CPNS dilaksanakan mulai 4 Januari 2021 – 26 Februari untuk CPNS dengan Jabatan Dosen. Sedangkan untuk CPNS dengan jabatan Non Dosen, orientasi dilaksanakan mulai 4  Januari – 5 Februari 2021. Dikarenakan kondisi dunia sedang dalam masa Covid-19, pelaksanaan orientasi Program Badan PPSDM Kesehatan yang seharusnya dilaksanakan secara luring, kini dilaksanakan secara daring. Namun, kegiatan yang dilakukan secara daring tidak mengurangi antusias para CPNS untuk mengikuti orientasi. Sedangkan Orientasi Program Satuan Kerja Penempatan, Tridarma Perguruan Tinggi dan Pelaksanaan Praktik Kerja dilaksanakan secara luring.

Orientasi CPNS diawali dengan penyerahan SK CPNS oleh Direktur sebagai tanda bahwa para CPNS sudah resmi menjadi bagian dari Poltekkes Kemenkes Palembang. Selanjutnya, para cpns dikenalkan dengan lingkungan kampus dan manajemen yang ada di Poltekkes Kemenkes Palembang dan dilanjutkan dengan pemberian materi-materi oleh para pejabat di masing-masing bagian, dan diawali oleh materi dari Direktur Poltekkes Palembang tentang organisasi dan budaya kerja dilingkungan Poltkkes Palembang dan dilanjutkan oleh para wadir, sub bagian administrasi umum, administrasi akademik, dan tidak lupa materi dari SPI dalam pengendalian diri dan budaya anti korupsi.

Diakhir pelaksanaan orientasi, para CPNS diwajibkan untuk membuat laporan kegiatan dan juga dievaluasi oleh mentor yang telah ditunjuk dan disahkan oleh Direktur sebagai bukti telah mengikuti Orientasi, dan akan dilanjutkan dengan Latihan Dasar (Latsar) atau yang dikenal dengan pra- jabatan. Selama pelaksanaan orientasi para CPNS diharapkan menemukan permasalahan-permasalahan dalam setiap tahapan orientasi sebagai bahan usulan kegiatan inovasi untuk dibawa saat kegiatan Latsar.

Adapun materi-materi yang didapatkan oleh CPNS selama orientasi dapat di download disini.

Leave a Comment

3 × four =